Di Forum PBB, Indonesia tekankan Pentingnya Kewirausahaan

Di Forum PBB, Indonesia tekankan Pentingnya Kewirausahaan
wartaekonomi

Di Forum PBB, Indonesia tekankan Pentingnya Kewirausahaan

Indonesia menekankan pentingnya konsep kewirausahaan untuk diterapkan tidak hanya bagi perusahaan besar, tapi juga koperasi, UKM, startup, dan pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Hal ini disampaikan dalam forum PBB, UN-ICSB Forum 2019 dalam rangka Peringatan Hari UKM Internasional.

Pimpinan ICSB Indonesia dan Presiden Asia Council for Small Business (ACSB) Hermawan Kartajaya di Markas PBB, New York (26-28/6/2019), yang hadir sebagai salah satu delegasi Indonesia, menekankan beberapa hal penting dalam pengembangan UMKM di suatu negara. Salah satunya menanamkan jiwa dan mental kewirausahaan.

"Kewirausahaan atau entrepreneurship sangat diperlukan tidak hanya oleh sektor swasta, tapi juga koperasi, UKM, dan startup serta pemerintah sebagai pembuat kebijakan," kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM itu.

Tiga elemen penting dalam membangun kewirausahaan, kata dia, yakni memanfaatkan peluang, strategi pengambilan risiko, dan kolaborasi dalam kerja sama yang baik antara LSM dan pemerintah untuk menghadapi era baru.

"Hal ini nyata terlihat dalam goal 12, yakni SCP sustainable consumption and production atau produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Maka, entrepreneurship melekat dalam SDG atau sustainable development goals ke-12," katanya.

Hermawan juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara, bahkan satu-satunya anggota G-20 dari Asean sejajar dengan Korea Selatan, Jepang, China, dan India di Asia.

Ia menambahkan, SDG 2030, ada 17 interconnected goals dan 5P, yakni people, planet, prosperity, peace, partnership. 

Oleh karena itu, ia menyarankan ada tanggung jawab yang menyertai dalam sebuah pembangunan konsep kewirausahaan yang menghasilkan barang dan jasa sehingga konsep semangat humane entrepreneur harus dikembangkan sebagaimana dicetuskan oleh Prof KKC di Korea Selatan.

Share

TINGGALKAN KOMENTAR